Kebaya
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia dan Malaysia yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni.

Asal kata kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian. Dipercaya kebaya berasal dari Tiongkok[rujukan?] ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat.

Sebelum 1600, di Pulau Jawa, kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan di sana. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni.


Pakaian yang mirip yang disebut "nyonya kebaya" diciptakan pertama kali oleh orang-orang Peranakan dari Melaka. Mereka mengenakannya dengan sarung dan sepatu cantik bermanik-manik yang disebut "kasut manek". Kini, nyonya kebaya sedang mengalami pembaharuan, dan juga terkenal di antara wanita non-Asia.

Terpisah dari kebaya tradisional, perancang mode sedang mencari cara memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi pakaian yang lebih modern. Kebaya yang dimodifikasi itu malah bisa dikenakan dengan jins atau rok.

Tradisi Seserahan Pernikahan


Salah satu tradisi yang ga bisa dilewatkan pada acara pernikahan adalah tradisi hantaran/seserahan. Kemarin temenku Windy yang berencana menikah tahun depan konsultasi ke aku mengenai apa aja yang biasa menjadi hantaran pihak pengantin laki-laki ke pihak pengantin perempuan. Kalo aku, sederhana aja sih... karena kalo tradisikan ga wajib, jadi asal syarat aja... yang penting penuhi yang wajib dulu aja. Aku dulu, dari suamiku dapat: Tas, sepatu, pakaian + pakaian tidur, pakaian dalam, handuk, kue-kue, songket (karena suami berasal dari Palembang, dan itu adalah salah satu tradisi mereka), Parfum Hermes 1 set dengan lotionnya, 1 set kosmetik estee lauder, nah dua hal yang terakhir ini, kami beruntung banget... karena, WO kami kebetulan distributor parfum dan kosmetik luar..jadi kami dapat harga special waktu membelinya. Ditambah lagi masih dapet bonus parfum mini pleasure estee lauder, dan sabun nina richi yang wanginya awet sampai sore :)
Serius, semua barang itu, aku dan suami loh yang mengemas... karena ketika kami coba untuk menyerahkannya ke WO, ternyata hasilnya ga sesuai dengan yang kami harapkan, akhirnya kami bongkar ulang dan kami kemas ulang dengan kotak yang baru. Sayangnya kami ga sempet dokumentasiin hantaran2 tersebut.
Nah inilah bagian yang sedikit menyebalkan dari WO yang kami pakai... karena untuk satu kotak kami harus bayar Rp. 150.000, tapi hasil-nya mengecewakan :(

Sekarang ini hantaran udah banyak yang oke dan terlihat wah dengan harga yang murmer
(murah meriah). Mungkin sedikit gambar contoh ini bisa membantu teman-teman yang mau Menikah :)



Mau cari koleksi hantaran keren2? coba cek yang satu ini iposcollection

Poppy Gusriharso

Powered by : Crystal X - Obat Keputihan